Tips Sederhana untuk Pengujian Kandungan Emas pada Contoh Batuan

1.Hancurkan batuan sampai halus semampu yang anda bisa
2. Cara paling sederhana adalah dengan dilimbang/didulang, jika katakanlah memakai piring, jika diawal batuan memenuhi 3/4 piring kemudian setelah dilimbang/dulang tersisa sedikit serbuk batu yang mayoritas pasir hitam (artinya anda sudah mendulang dengan baik) maka emas dapat terlihat disudut kiri/kanan atas tergantung cara anda mendulang.
3. Cara kimia yang tercepat (bisa dalam 3jam langsung mendapatkan emas berbentuk serbuk coklat , untuk yang sudah pengalaman seperti serbuk emas hasil cukiman) menggunakan aqua regia campuran HCl 3 : HNO3. Penjelasan prosesnya agak panjang, lain waktu akan saya jelaskan.
4. Cara sederhana lain untuk batuan yang mengandung pyrite atau anda ingin tahu pyrite atau emas adalah dengan melarutkan batuan yang sudah dihaluskan di asam nitrat (HNO3), semua logam dasar akan larut sedangkan emas tidak, emas dari batuan pyrite biasanya berbentuk mickroskopik (sangat kecil). Cara ini bukan saja untuk batuan pyrite, prinsip dasarnya emas tidak larut di HNO3, HCl, H2SO4, emas dapat larut di Aqua regia, Cyanida, Thiourea, HCl + NaCl.

Sumber (Penulis): Budiarto