Pemahaman Mendasar Tentang Pengolahan Emas Menggunakan Sianida (Proses Mc. Arthur)

Teknik pengolahan emas yg banyak dilakukan pengolah2 saat ini masih sangat dasar sekali. Kita dalam pengolahan harus memahami sekali karakter emas dan mineral lainnya karena ini akan mempengaruhi persentase proses. Memang banyak dibuku2 menjelaskan proses pengolahan sistem sianida bisa hingga diatas 90% tapi itu semua dengan kondisi ideal dan kondisi ideal ini menuntut peralatan yg memadai dan ini mutlak. Sedangkan hasil penelitian saya apa yg telah dilakukan saat ini masih jauh dari standar dan persentasinya masih dibawah 30%. Ini beberapa hal yg harus diperhatikan dalam pengolahan :
1. Ukuran material
Standar pengolahan adalah minimal mesh 100 dan lebih baik main di mesh200.
2. Proses Pelarutan
Disini kawan2 harus memahami proses ini yg paling sulit karena disini emas mengalami banyak pengganggu dalam pelarutannya dan yg terutama kendala thd sulfur yg akan memberikan efek sangat besar kalau anda tidak memahaminya. Sedangkan kandungan mineral lainnya akan mempengaruhi dalam konsumsi sianida dan oksigen dan juga akan mempengaruhi dalam proses penyerapan nantinya. Sebenarnya penggunaan sianida tergantung seberapa banyak kandungan mineral yg ada. DIsini ada dua konsep yaitu konsumsi dan konsentrasi. Konsumsi akan ditentukan dari hasil konsentrasi hanya saja untuk acuan awal kita akan menggunakan konsumsi yg sdh kita tentukan sedangkan sisanya akan terbaca dengan pengukuruan konsentrasi apakah low atau high dan ini juga memiliki berbagai efek.
3. Proses Penyerapan.
Proses ini sebenarnya tidak segampang yg kita lihat. Hanya masukkan karbon terus selesai. Penggunaan korbon sebenarnya memiliki standar dalam perliternya. Kondisi sekarang ini penggunaan korbon pada pengolahan konvensional masih jauh dari standar. Pada dasarnya teknik pengolahan emas dgn menggunakan karbon adalah tidak dengan membakar karbon pada sekali pemakaian. Karbon sendiri didesign penggunaannya hingga beberapa kali. Hanya saja karena saat ini infrastruktur seperti yg seharusnya tinggi sehingga yg paling simple dan cepat adalah dengan membakarnya langsung. Tapi ingat ini akan mengakibatkan biaya yg tinggi dan resiko yg tinggi karena jumlah penggunaannya yg tidak sesuai dgn standar. Disinilah kita harus bisa mempertimbangkan apa yg sebaiknya dilakukan dgn berbagai pertimbangan.
Dengan perkembangan teknologi penggunaan karbon sdh mulai terganti oleh resin atau direct elektrowining ( ini akan kita bahas nantinya )
4. Proses Peleburan
Jangan menganggap enteng soal peleburan karena ini jg akan mempengaruhi persentase perolehan

Sumber (Penulis): Albert Nathan